Sesuatu Yang Berlebihan Tidak Pernah Baik Meskipun Lebih nya Untuk Hal Baik

Sesuatu Yang Berlebihan Tidak Pernah Baik Meskipun Lebih nya Untuk Hal Baik

Semua orang pasti akan mengalami masa sulit dan masa bahagia. Akan selalu ada saatnya. Karena hidup selalu berputar. Tidak ada yang bahagia terus, tidak ada yang sedih terus. Dan semua itu diperlukan, rasa sedih, rasa kecewa, marah, patah hati. Karena semua rasa itu yang akan membuat anda tahu bagaimana dan seperti apa rasa bahagia, rasa senang, dan rasa damai. Perasaan-perasaan itu lah yang akan menjadi pelangi di hidup anda.

Sesuatu Yang Berlebihan Tidak Pernah Baik Meskipun Lebih nya Untuk Hal Baik

Sehingga ada pepatah yang mengatakan, saat anda merasa senang, senang lah secukupnya, jika sedih, sedihlah secukupnya. Jangan terlalu berlarut-larut. Karena jika anda terlalu mendalami perasaan itu, maka anda tidak akan siap untuk perubahan. Dan saat terjadi perubahan, anda akan merasa tidak terima, dan stres sendiri. Untuk itu, responlah segala sesuatu yang ada di dalam hidup dengan secukupnya. Seperti mencintai secukupnya, percaya secukupnya, sayang secukupnya. Karena yang berlebihan tidak akan baik. Hanya akan berbalik menyakiti diri kita. Dan itu benar.

Mungkin saat muda, anda mengerti ungkapan itu. Tapi hanya sekedar berpikir iya benar, iya masuk akal. Tapi anda tidak benar-benar mean it. Tapi saat anda mengalaminya, barulah anda akan memahami dan merenungkan itu. Oh ternyata ini lah rasanya, oh ternyata ini yang dimaksudkannya. Barulah anda benar-benar paham. Jadi nikmati prosesnya. Karena semua orang pasti akan merasakannya cepat atau lambat. Dan itu baik. Jangan menyesalinya. Karena itu yang dikatakan pengalaman hidup. Orang pun kadang harus mengalaminya sendiri, untuk tahu dan benar-benar paham.

Tidak hanya sekedar mendengar dan belajar dari pengalaman orang. Karena pasti akan perbedaan. Jika anda hanya belajar dari pengalaman orang, memang anda akan menjadi orang yang berjaga-jaga. Tapi akan ada saatnya anda melemah. Tapi saat anda merasakan itu langsung. Mengalaminya itu secara langsung. Maka pengamanan anda akan semakin kuat, dan anda akan berjaga-jaga dan selalu waspada, meskipun di saat kondisi yang tenang sekalipun, anda akan terus terjaga dan waspada.